PENYALURAN BANTUAN LANGSUNG TUNAI (BLT ) DESA BAJARAU TAHAP II TAHUN 2023

  • Apr 19, 2023
  • Admin Bajarau

Pemerintah Desa Bajarau telah menyalurkan BLT Desa untuk bulan April dan Mei tahun 2023. Kegiatan dilaksanakan pada hari rabu, 19 April 2023 pukul 09.00 WIB bertempat di Balai Desa Bajarau. BLT yang disalurkan berjumlah 62 KPM. Selain KPM, peserta yang hadir pada acara tersebut terdiri dari kepala desa, BPD, perangkat desa, pihak kecamatan, Pendamping Desa, Babinkamtibmas dan linmas Desa Bajarau. 

Untuk memenuhi peraturan menteri dalam negeri dan menteri keuangan, pemerintah desa menganggarkan Bantuan Langsung Tunai sebagai salah satu upaya mengentaskan kemiskinan di desa. Bantuan ini disalurkan untuk membantu masyarakat yang kurang mampu, yang masuk dalam kategori miskin dan para lansia. Bantuan Langsung Tunai ini disalurkan setiap bulan selama tahun 2023.

Penyaluran BLT Desa berlangung tertib, KPM dipanggil per 4 orang untuk mendapatkan uang tunai sebesar Rp. 300.000 per KPM. Setelah mendapatkan uang tunai, dilakukan foto bersama antar KPM, kepala desa, BPD, pihak kecamatan, Pendamping Desa dan Babinkamtibmas. Kemudian KPM BLT menandatangani bukti tanda terima bantuan. Foto dan tanda terima penyaluran BLT adalah dokumen penting yang harus ada dalam penyeluran BLT, karena Pemerintah Desa Bajarau menyalurkan BLT dengan metode penyaluran tunai. 

Untuk beberapa KPM yang lanjut usia dan tidak bisa mengambil ke kantor, maka bantauan diantarkan langsung ke rumah KPM tersebut. 

Harapan dari Kepala Desa Bajarau, bantuan ini dapat membatu meringankan KPM yang ada di Desa Bajarau.